MANFAAT MACA ROOT PADA KOPI ORVIT

Macca dikenal sebagai tanaman herbal sejak ribuan tahun lalu, khususnya dalam meningkatkan kemampuan seksual pria dan wanita. Ternyata tak hanya itu, tanaman herbal yg Diambil bagian akarnya ini juga memiliki manfaat secara keseluruhan pada tubuh.
Manfaat akar maca (maca root) bagi kesehatan tubuh
Maca memiliki nama latin lepidium meyenii, berbentuk seperti lobak dengan pucuk hijau dan akarnya yang berwarna kuning, ungu, atau kehitaman. Tanaman ini banyak tumbuh di Pegunungan Andes di Peru, Amerika. Namun sudah banyak yang mengolah akar maca ini dalam bentuk bubuk kecoklatan atau cair, sehingga mudah untuk digunakan.
Maca root adalah tanaman herbal yang memiliki banyak kandungan vitamin, mineral dan antioksidan, seperti glukosinolat dan polifenol. Oleh karena itu, tanaman ini juga dikenal juga sebagai adaptogen, yaitu istilah suatu tanaman herbal yang mengandung zat alami membantu tubuh beradaptasi dengan stres atau penyakit tertentu.
Beberapa manfaat akar maca untuk kesehatan :
1. Mencegah pembentukan radikal bebas
Salah satu manfaat maca root adalah meningkatkan kadar antioksidan dalam tubuh, seperti glutathione dan superoksida dismutase. Antioksidan adalah zat yang diperlukan tubuh untuk mencegah terbentuknya radikal bebas, penyebab dari penuaan dini hingga kanker. Bahkan polisakarida (karbohidrat dalam akar maca) sudah terbukti dapat mencegah kerusakan sel dan melawan penyakit kronis.
Sebuah penelitian pada hewan di Ceko menemukan bahwa pemberian dosis maca pada tikus tidak hanya meningkatkan kadar antioksidan tapi juga menurunkan kadar kolesterol dan trigliserida di hati serta menurunkan kadar gula darah. Sementara, penggunaan ekstra daun maka juga menunjukkan adanya perlindungan terhadap kerusakan saraf.
Meningkatkan antioksidan memang dapat menghindarkan tubuh dari risiko penyakit jantung, kanker, diabetes, stres oksidatif, dan kerusakan sel. Namun sejauh ini untuk manfaat akar maca kali ini memang dibutuhkan penelitian lebih lanjut lagi.
2. Menambah energi dan performa Stamina
Bubuk akar maca sangat dikenal di kalangan atlet dan binaragawan. Pasalnya suplemen ini diyakini dapat meningatkan energi, menambah masa otot dan menambah performa tubuh. Dikutip dari Men’s Health, Paul Salter, MS, RD, mengatakan,” Akar maca diperkirakan memiliki dampak positif untuk menstabilkan kadar glukosa dalam darah. Itulah sebabnya banyak orang yang melaporkan mengalami peningkatan energi setelah menikmatinya.”
Jadi saat gula darah dalam tubuh melonjak, tubuh akan memproduksi lebih banyak insulin, sehingga dapat menimbulkan efek lemas pada tubuh. Namun bila keadaan gula darah stabil, Anda dapat mempertahankan energi lebih konsisten sepanjang hari.
Meskipun demikian, masih banyak penelitian yang harus dilakukan untuk memastikan potensi akar maca sebagai penguat energi, tapi beberapa bukti menunjukkan bahwa ini mungkin menjadi pemicu yang kuat.
3. Menyeimbangkan kadar estrogen
Estrogen adalah hormon seks pada wanita yang bertanggung jawab untuk mengatur sistem reproduksi. Bila jumlah hormon ini tidak normal, maka akan menyebabkan siklus menstruasi yang tidak teratur, mengubah suasana hati, dan mengatasi wanita yang sulit memiliki anak. Manfaat lain maca root adalah membantu menyeimbangkan kadar estrogen dalam tubuh.
Sebuah penelitian yang diterbitkan pada International Journal of Biomedical Science,sebanyak 34 wanita pascamenopause dini mengonsumsi maca root dua kali sehari selama empat bulan.
Hasilnya, akar maca tidak hanya menyeimbangkan kadar hormon tetapi juga mengurangi gejala menopause, seperti berkeringat di malam hari, mengurangi depresi, dan juga meningkatkan kepadatan tulang.
Selain itu, kadar estrogen yang seimbang juga membantu meningkatkan kesehatan reproduksi dan kesuburan serta mengurangi gejala yag berhubungan dengan sindrom ovarium polikistik.
4. Meningkatkan kesuburan pria
Selain menyeimbangkan kadar estrogen pada wanita, akar maca juga bermanfaat bagi kesuburan pria juga. Sebuah penelitian di Peru menemukan bahwa mengonsumsi suplemen maca selama delapan minggu meningkatkan hasrat seksual pada pria.
Penelitian lain juga menunjukkan meningkatnya kualitas dan jumlah sperma yang berkaitan dengan kesuburan pada pria.
Reactions